Bertempat di museum layang – layang hari Sabtu tanggal 2 April 2016 bersama adik – adik dari Yayasan Masjid jami’ Nurul Falah kita mengenal dan belajar membuat layang – layang.

Setelah 25 anak dari Yayasan Nurul Falah berkumpul Pak Dayat dari museum layang – layang membuka kegiatan pertama kita hari ini yaitu melukis diatas kaos yang  bertemakan layang – layang. Pak Dayat dengan sabar memberikan arahan bagaimana cara melukis yang baik dan bagaimana mencampurkan warna-warna agar mendapatkan warna yang menarik. Seru yah … ngga hanya adik – adik aja yang belajar melukis kakak2 relawan juga semangat banget pengen ikutan. Supaya warna pada lukisannya semakin bagus setelah selesai melukis hasilnya lukisannya dijemur lebih dulu.  Dan hasilnya wow adik – adik dari Yayasan Nurul Falah ternyata punya bakat seni yang terpendam, hasil lukisan mereka bagus – bagus banget .

IMG_7510

Setelah melukis selesai, mumpung adik – adiknya masih semangat, Pak Dayat mengajak berkeliling museum, ternyata banyak tambahan pengetahuan tentang layang – layang yang belum diketahui seperti bahan untuk membuat layang – layang itu tak sekedar dari kertas saja, ada yang dari bahan parasut, tisu, kertas minyak bahkan ada yang dari daun. Setiap daerah yang ada di Indonesia juga punya ciri khas masing – masing loh, tak hanya itu layangan yang ada dimuseum ini juga dari 2 dimensi sampai 3 dimensi.

Sebelum mempraktek kan apa yang sudah diceritakan dan diajarkan Pak Dayat, kita istirahat dan makan siang lebih dulu supaya inspirasi untuk membuat layang – layangnya banyak.

Seperti yang ada dilagu cara membuat layang – layang yah seperti itu :

Kuambil buluh sebatang

Kupotong sama panjang

Kuraut dan kutimbang dengan benang

Kujadikan layang-layang …

setelah layang – layangnya jadi adik – adik diberi kesempatan untuk menggambar diatas layang – layangnya supaya lebih indah.

IMG_7643

Setelah selesai membuat layang – layang, adik – adik boleh menerbangkan layang -layangnya masing – masing.

IMG_7727

Bermain berlari

Bermain layang-layang

Berlari kubawa ke tanah lapang

Hatiku riang dan senang …

Sambil istirahat abis menerbangkan layang – layang, adik – adik kami ajak bermain games, yaitu menyusun potongan gambar layang -layang sudah disiapkan, bagi adik – adik yang bisa menyelesaikan dengan cepat dan rapih dapat hadiah.

Melukis, Belajar sejarah layang-layang, membuat layang – layang, menerbangkan layang – layang dan bermain games sudah. Maka kegiatan Ayo Main Layang – Layang pun selesai sudah, saatnya kami mengucapkan :

Terima kasih adik2 Yayasan Nurul Falah dan kakak2 relawan atas partisipasinya dikegiatan Ayo Main Layang Layang!.

Terima kasih para donatur ka mels ya sudah menyediakan makan siang kita hari ini,

PT Astra Credit Company yg sudah memberikan bis untuk transportasi adik2

Terima kasih kepada para donatur yg tidak bs disebutkan satu persatu.

Sampai ketemu di kegiatan berikutnya.
Salam sahabat ^^

 

Video :

https://youtu.be/fMi_R3MeRjo

 

 

 

 

Kegiatan Ayo Main Layang Layang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>