Outbound bersama Hadiah Sahabat merupakan kegiatan baru yang diadakan Hadiah Sahabat, bertempat di Kandank Jurank Doank bersama 30 adik – adik dari Panti Cahaya Alam, Bekasi, Rockin’ the day ^^.

Kegiatan ini dilakukan pada hari Minggu, 16 November 2014, acara berlangsung dari pukul 8.30 WIB sampai dengan Pukul 16.00,

dari pagi sd sore kami menghabiskan waktu dengan beberapa kegiatan antara lain :

1. Berkreasi, Bermusik dan Menggambar bersama kk Dik Doank,

Acara ini merupakan acara komunitas Kandank Jurank Doank, dimana tak hanya diikuti oleh adik – adik Panti Cahaya Alam tetapi dibuka untuk umum. Setiap hari minggu di bimbing langsung oleh kk Dik Doank karena tema minggu ini adala digital painting maka adik-adik tidak hanya belajar menggambar secara konventional seperti menggambar pada umumnya diatas kertas dan menggunakan media pensil/pulpen/krayon  tapi adik – adik juga diajarkan bagaimana menggambar secara digital. Mungkin ini sesuatu yang baru untuk adik-adik tapi juga merupakan pengetahuan yang baik ditengah teknologi serba digital.

Tak mudah memang memahami menggambar secara digital yang menggunakan media notebook/tablet, selain menyaksikan demo digital painting adik-adik juga tetap diajak berfantasi menggunakan kertas dan pensil untuk menggambar sesuai keinginan.

kk Dik Doank juga mengajarkan bermusik menggunakan alat – alat seadanya yang mungkin sudah tidak digunaka seperti botol minuman, tempat sampah, panci dll. Tak perlu mahal untuk bermusik yang penting bisa menciptakan harmoni dan tidak malu berekspresi, musik akan indah dan lengkap untuk di nikmati. Adik-adik terlihat begitu menikmati, terlihat ketika musik dimainkan adik-adik tidak malu untuk bergoyang.

 

2. Outbound

Tujuan outbound ini sendiri adalah untuk mengajak adik -adik mengenal alam, membangun kecintaan terhadap lingkungan, menciptakan rasa percaya diri, disiplin dan kerjasama. Dari setiap permainan di outbound ini memiliki pesan tersendiri untuk adik – adik.

a. Menanam padi

Adik-adik yang tinggal di kota pasti sudah jarang melihat sawah, nah disini tidak hanya bisa melihat hamparan sawah tapi kk dari KJD mengajarkan bagaimana menanam padi yang baik dan benar. Ternyata menanam padi itu tidak mudah yah, kondisi tanah yang harus cukup air, cara menanam ke tanah juga harus benar supaya padinya tumbuh, dll, tapi adik – adik tetap terlihat begitu antusias. Untuk itu kita harus bersyukur, sekarang kita mau makan nasi tinggal beli aja ga perlu tanam dulu. Nah adik – adik harus di abisin ya kalau makan supaya tidak mubajir makanannya tau kan betapa susahnya pak tani nanam padi, begitu pesan dari kk KJD.

b. Memandikan Kerbau

Ternyata kerbau itu sangat berperan penting di sawah sebagai hewan yang membantu pak tani membajak sawahnya, supaya tanahnya gembur. Untuk itu kerbau ini perlu di beri makan, minum dan dimandikan supaya tetap sehat :).  Yang namanya air itu emang paling disenangi oleh adik-adik tanpa perlu perintah semua asik turun ke sungai untuk memandikan kerbau.

c. Flying Fox

Ini mungkin permainan yang paling bikin adik -adik deg-degan, tapi bukan berarti mereka takut loh, Buktinya dek Lutfi dan Setyo berhasil menjadi peserta pertama meluncur, meski keliatan agak grogi tapi mereka berhasil mengalahkan rasa takut mereka. Semoga permainan ini bisa mengajarkan adik – adik bahwa sebelum mencoba sesuatu jangan pernah menyerah, bangun rasa percaya diri dan hilangkan rasa takut, kalau gagal coba lagi, gagal lagi coba lagi karena kegagalan hanyalah kemenangan yang tertunda.

d. Perahu Kampret

Ups permainan apa ini? dari namanya udah bisa ketebak dong. Yess… Perahu kampret adalah perahu yang terbuat dari 2 ban karet yang disatukan dengan beberapa bambu sehingga mirip dengan sampan, Perahu kampret di isi oleh 5 atau 6 orang dan harus mendayung perahunya keliling sungai dan kembali ke tempat asal. Tidak mudah ternyata butuh kerja sama agar dayungnya seirama karena kalo ngga sama perahunya bisa muter-muter ga jalan – jalan, butuh kesabaran juga karena perahunya jalan sesuai dengan kekuatan kita mendayung. Mungkin ini permainan yang paling seru karena beberapa adik -adik ga sabar perahunya sampe akhirnya nyebur ke sungai (sungai tidak dalam) dan mendorong perahunya. So fun and happy

e. Menangkap ikan

Salah dua permainan yang mengajarkan adik – adik kesabaran, Jadi adik – adik diajak ke sebuah kolam yang kira -kira luasnya 3×2 meter di isi air kurang lebih semata kaki dan ikan kecil – kecil. Nah tugas adik – adik adalah menangkap ikan sebanyak – banyaknya dan memindahkan ke dalam ember yang sudah disediakan. Tidak mudah memang ikannya kecil dan licin butuh kesabaran dan ketelatenan nangkap ikannya, keceriaan dan senyum diwajah mereka membuat permainan ini menyenangkan.

Setelah melewati semua permainan di outbound, adik – adik bersih – bersih dan kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah kepada adik – adik yang aktif selama kegiatan outbound, pembagian ikan – ikan yang sudah mereka tangkap dan goodie bag.

Melihat senyuman diwajah adik -adik Panti Cahaya Alam merupakan semangat baru lagi untuk Hadiah Sahabat terus menebar senyum diwajah anak – anak Indonesia.

Terima kasih kami ucapkan untuk para relawan yang sudah membantu dan berinteraksi bersama adik – adik

Terima kasih kepada Garuda Food yang sudah mensponsori acara Outbound Bersama Hadiah Sahabat

Dan Sanpai ketemu di kegiatan Hadiah Sahabat Berikutnya ^^

 

Photo kegiatan di : https://www.flickr.com/photos/129730277@N08/albums/72157650487365239

 

Kegiatan Outbound Hadiah Sahabat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>